Batman Begins - Help Select

Sunday 15 September 2013

UMPAN PANCING PALING AMPUH UNTUK DI GUNAKAN MANCING

Disini akan saya terangkan secara global cara mencari dan Pembuatan umpan pancing, sebelum kita masuk ketahap pembuatan umpan pancing kita harus mengetahui jenis-jenis umpan pancing terlebih dahulu.

Untuk jenis-jenis umpan pancing sebgai berikut:
Secara global umpan pancing di bedakan menjadi 2 yaitu umpan hidup dan umpan mati.
  1. Umpan Hidup : Untuk umpan hidup ini sendiri terdiri dari banyak macam-macamnya contohnya yang paling umum di gunakan antara lain : jangkrik, belalang, kecoak, ikan kecil, udang, percil (katak kecil), kecebong, cacing sawah, laron dll.
  2. Umpan Mati : di sebut umpan mati karena umpan ini tak bernyawa, untuk umpan mati ini sendiri yang paling umum di gunakan antara lain : ketela pohong rebus, pelet, lumut,bakwan,tahu bacem, tahu pong dll.
Tempat-tempat mencari umpan pancing
  • Umpan Jangkrik
Jangkrik biasanya hidup disawah sawah yang kering, dia akan banyak muncul pada saat musim kemarau.  untuk habitatnya dia biasanya ber sembunyi dibawah tanah-tanah yang menggumpal, di bawah daun pisang kering yang menumpuk, di bawah gedebong pisang yang sudah busuk. kalau pengen lebih mudah langsung beli saja di toko burung pasti punya.
  • Umpan belalang
Umpan belalang biasanya untuk mancing ikan gabus, untuk habitat nya biasanya dia hidup di rumput gajah, cara memperolehnya siapkan jaring yang rapat biasanya pake kelambu yang sudah tidak ter pake, lalu bentuk menyerupai serok ikan,  kemudian serok-serokkan ke rumput gajah yang banyak belalangnya, al hasil pasti seper empat jam sudah mendapatkan banyak belalang dan siap untuk di pakai umpan.
  • Kecoak
Walaupun kecoak kelihatannya adalah binatang yang jorok, tapi untuk mancing ikan predator juga lumayan ampuh, biasanya untuk kecoak di pake untuk mancing ikan lele. Untuk habitatnya sendiri kecoak biasanya hidup di balik-balik batu dyang dekat dengan sampah, dan di celah celah tanah yang ber debu, biasanya untuk kecoak mudah di dapat kan ketika tengah malam, karena waktu itu dia akan keluar untuk mencari makan.
  • Ikan kecil dan Udang
untuk mencari ikan kecil dan udang  kita memerlukan alat yaitu bubu, untuk bubu paling sederhana yaitu menggunakan botol beka, kalau tidak mau repot repot langsung beli saja di pasar pasti ada.
  • Percil (katak kecil)
umpan percil biasanya di gunakan untuk mancing ikan predator seperti : ikan gabus, ikan lele, belut dll, pokoknya umpan ini khusus ikan yang tergolong jenis predator.  Untuk habitatnya percil biasanya banyak terdapat di semak semak yang lembab, biasanya paling banyak terdapat di kali yang udah kering dan banyak semaknya.Dan biasanya banyak terdapat pula ketika musim penghujan tepatnya orang menanam padi pertama di musim itu akan banyak percil karena mereka baru menetas.

  • Kecebong
Karena kecebong masih keluarga besar katak cara penggunaannya pun juga sama dengan katak yaitu untuk mancing ikan predator, yang membedakan disini adalah habitatnya, Untuk kecebong sendiri akan banyak terdapat di air-air yang menggenang biasanya hujan pertama dan sampai hari ke lima belas, itu akan banyak terdapat kecebong.
  • Cacing Sawah
Cacing sawah ini akan banyak terdapat di sawah yang berlumpur, biasanya dia akan membuat rundukan tanah sebagai rumahnya, untuk cacing sawah sendiri beda habitatnya dengan cacing tanah biasa. dia hidupnya cenderung di tempat yang ber air. dia akan banyak terdapat ketika, tanam padi pertama kketika padi sudah mulai semi. cara mendapatkannya kita tinggal mengeruk lumpur di sawah kiranya terdapat cacing tersebut. untuk penggunaannya , untuk umpan ini hampir semua ikan mau memakannya baik predator maupun bukan.
  • Laron
Untuk laron ini tergolong umpan hidup yang paling istimewa karena di hanya muncul ketika hujan pertama turun hingga hari ke-lima belas. setelah itu jangan harap mendapatkannya. umpan ini adalah umpan yang paling di gemari seluruh ikan, dari ikan kecil sampai ikan yang besar predator maupun bukan. semua ikan mau memakannya.

Demikian, diatas adalah umpan-umpan pancing yang sering di gunakan para pemancing air tawar khususnya di wilayah blora dan sekitarnya selamat mencoba semoga mendapat iakn yang banyak!!!





0 Komentar di Blogger
Silahkan Berkomentar Melalui Akun Facebook Anda
Silahkan Tinggalkan Komentar Anda

Post a Comment

jangan lupa di beri komennya!!